Open Source File Manager berbasis web

Antefer.web.id
Dengan semakin banyaknya penggunaan aplikasi melalui internet, maka pengleloaan berkas secara online sangatlah penting. Sebagai salah satu solusi adalah dengan menggunakan File Manager berbasis web yang dapat digunakan untuk mengelola berkas, folder, bahkan dapat mengeditnya secara online seperti dokumen Microsoft Word, Microsoft Excel dan lain-lain. File Manger berbasis web ini dapat diakses menggunakan browser-browser yang telah ada saat ini (Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dan lian-lain).

Berikut beberapa File Manager berbasis web yang bersifat Open Source dan dapat dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan user.


1. Ajaxplorer


Ajaxplorer merupkan aplikasi File Manager yang memeiliki akses seperti halnya website. Ajaxplorer mampu digunakan diluar pengguna komputer seperti IPad, Android dan smartphone dan mudah beradaptasi dengan perangkat berlayar kecil. Untuk menjalankannya dibutuhkan sebuah web server dengan PHP 5.1 atau lebih.

Ajaxplorer memiliki kemampuan untuk melakukan streaming video secara online (jika server support), mengedit dokumen-dokumen gambar (Pixlr) maupun text (Zoho Office : mengedit file Microsoft Office secara online), dan dapat melakukan sharing dokumen-dokumen. Dan juga memiliki admin control panel untuk memanajemen user.

2. eXtplorer


eXtplorer merupakan file manager berbasis web yang dibuat dengan PHP dan Javascript. Dapat digunakan sebagai aplikasi sendiri maupun sebagai komponen di Joomla (1.0, 1.5, 1.7, 2.5).
Beberapa fasilitas yang dimiliki eXtplorer antara lain : drag and drop file, edit file, compress file,user management dengan akses level yang berbeda.

3. KFM


KFM merupakan aplikasi file manager online yang dapat berdiri sendiri maupun digunakan sebagai plugin untuk online Teks Editor seperti CKeditor, TiniMCE atau FCKeditor. Dibutuhkan Apache atau IIS webserver untuk menjalankannya, persyaratan tambahannya adalah sistem operasi Linux PHP 5.2 +, MacOSX, Windows, Database (MySQL 4.1 + / 5.0 +, PostgreSQL, atau SQLite).

KFM memiliki kemampuan antara lain mendukung drag-and-drop, icon-view, daftar-view, plugin, manipulasi gambar, slideshow, kemudahan instalasi dan upgrade, syntax-highlighting teks editor, mesin pencari, penandaan, multi-bahasa. plugin untuk mp3 pemutaran, pemutaran video.

4. PAFM


PHP AJAX File Manager (PAFM) adalah file manager berbasis web yang dirancang untuk memberikan kontrol penuh terhadap file pada situs Anda. Untuk mengedit kode dilakukan dengan CodePress, editor berbasis web dengan as-you-type sintaks.

5. QuiXplorer


Pengelolaan file secara internet dan intranet dapat dilakukan dengan menggunakan QuiXplorer, karena QuiXplorer juga merupkan file manager berbasis web dengan didukung oleh fasilitas multiuser.

6. BytesFall Explorer


BytesFall Explorer atau BFexplorer merupakan file manager berbasis web yang dibuat menggunakan PHP dan javascripit dan berlisensi GNU GPL. Dengan BFexplorer dapt mengelola dokumen (menambah, menghapus, mengedit), Untuk mengelola user BFexplorer menggunakan SQL untuk proses autentikasi (menggunakan MySQL atau PostgreSQL). Tampilan antarmuka bfExplorer hampir sama dengan Windows Explorer.

7. NavPHP


Merupakan file manajer yang dibangun menggunakan PHP dan Ajax. Memiliki fungsi multiuser menggunakan MySQL, memiliki modul GZIP dan Defalate dalam HTML yang dapat mempercepat akses web. NavPHP merupakan software open source yang memiliki tampilan seperti windows xp.

8. FileMan (Single User)


FileMan menyediakan cara cepat untuk mengakses dan mengelola direktor website dengan browser-browser yang ada saat ini. Dapat menambah file dan mengedit menggunakan WYSIWYG editor. Dapat melakukan transfer multifile dengan kemampuan transfer ASCII/biner. Dapat melakukan pencarian berdasarkan nama file atau teks lengkap.

9. Relay


Merupakan file manajer berbasis PHP dan AJAX dan memiliki lisensi GPL. Relay memiliki beberaapa fasilitas seperti drag and drop file dan folder, loading yang dinamis, tampilan thumbnail, multiuser dan beberapa fasilitas lainnya.

10. phpXplorer


merupakan file manajemen software berbasis web yang dibangun dengan PHP, dapat digunakan untuk mengelola berkas lewat browser. secara default memiliki kemampuan untuk mengedit HTML, PHP, gambar,  melakukan kompres.

Demikian bebrapa file manajemen software berbasis web dan open source. semoga dapat memudahkan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi website tanpa harus berada di tempat kerja.

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!