Membuat file PDF dengan CutePDF Writer opensource

Antefer.web.id
0 Comments
Ada beberapa macam software yang berfungsi sebagai PDF creator, CutePDF Writer adalah salah satu software opensource yang berfungsi untuk membuat file PDF dari sebuah dokumen (gambar, text), Lembar Kerja (MS excel), maupun lebar presentasi. Disini CutePDF Writer akan bekerja sebagai printer tetapi hasil printernya akan berbentuk sebuah file PDF.


Berapa keuntungan jika kita menjadikan dokumen final kita antara lain :
  • File PDF dapat dibuka dan dibaca dengan PDF reader gratis
  • Tata letak dokumen, font, halaman akan static,
  • Pengguna tidak harus memiliki perangkat lunak scq (misalnya
    MS Word, Excel atau PowerPoint) 
  • File bisa diprotect dari perihal pengeditan, menyalin, dan proses print.

Download dan Install CutePDF Writer disini.

Ada beberapa komponen agar dapat membuat PDF dengan CutePDF Writer, yaitu program CutePDF Writer sendiri (CuteWriter.exe) dan file converter pendukung (converter.exe)

Pertama-tama install converter.exe (untuk windows vista/7/8 gunakan "Run As Administrator"), setelah selesai kemudian isntall CuteWriter.exe, setelah semua terinstall maka CutePDF Writer Printer akan terlihat di Printer.

Untuk menggunakannya buka dokumen yang akan di print menggunakan aplikasi dokument tersebut, kemudian pilih print dan ganti printer dengan CutePDF Writer pinter.


Klik OK maka akan muncul windows baru untuk menyimpan File PDF yang akan dibuat. setelah selesai buka windows explorer dan cari lokasi tempat file PDF tadi disimpan.

Dalam MS Word dan MS PowerPoint, terkadang memiliki resolusi image dan gambar yang besar, ini akan mengakibatkan file PDF yang dibuat akan memiliki kapasitas yang besar juga. Untuk mengecilkan resolusi image atau gambar yang ada di MS Word atau MS PowerPoint berikut langkah-langkahnya.

Klik kanan pada image atau gambar dan pilih Show Picture Toolbar, dan akan muncul Picture Toolbar
Kemudian Akan muncul kotak dialog.
Kemudian klik OK, maka ukuran atau besar dokumen anda akan berkurang dan siap dijadikan file PDF.


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!